Research Repository

PENGARUH PENGGUNAAN METODE JOYFULL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH DI MAS AISYIYAH BINJAI

Show simple item record

dc.contributor.author SYAKBAINI, NUR AFNI
dc.date.accessioned 2023-11-22T08:17:17Z
dc.date.available 2023-11-22T08:17:17Z
dc.date.issued 2023-11-22
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22503
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar fiqih siswa MAS Aisyiyah Binjai sebelum dan sesudah penggunaan metode Joyfull Learning. Serta mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan metode Joyfull Learning terhadap hasil belajar siswa MAS Aisyiyah Binjai. Pokok masalah dalam penelitian ini masih menggunakan metode ceramah dan juga metode tanya jawab dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran fiqih di MAS Aisyiyah Binjai, Sehingga dapat mengakibatkan cepat bosan dalam proses belajar berlangsung. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode Joyfull Learning yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode Joyfull Learning terhadap hasil belajar fiqih di MAS Aisyiyah Binjai. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen, Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI berjumlah 102 orang. Pengamnilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis sampling purposive. Yang dijadikan sampel adalah kelas XIB (kelas kontrol) sejumlah 35 siswa dan kelas XIC (kelas eksperimen) sejumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa pilihan ganda dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan yang uji homogenitas. Kemudian uji hipotesis dengan signifikansi 000 < 0,005. Maka berdasarkan hasil uji tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar fiqih kelas eksperimen bersignifikan 0.000 < 0,05 maka dapat disebut Ho ditolak dan Ha diterima . Dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan. Terdapat pengaruh penggunaan metode Joyfull Learning terhadap hasil belajar fiqih di MAS Aisyiyah Binjai. Adapun hasil belajar fiqih meningkat dibanding sebelum menggunakan metode Joyfull Learning. en_US
dc.subject Metode Joyfull Learning en_US
dc.subject ng, Hasil Belajar Fiqih en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN METODE JOYFULL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH DI MAS AISYIYAH BINJAI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account