dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode drill berbasis SITA
(Soal Cerita) terhadap kemampuan numerasi pada siswa kelas III SD
Muhammadiyah 12 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
eksperimen dengan menggunakan desain penelitian One Group Pretest-PosttestDesign.
Instrumen
penelitian
ini
menggunakan
test
essai
yang
berjumlah
10
butir
soal
yang sudah dilakukan uji validitas isi. Pengujian hipotesis dalam penelitian
ini menggunakan rumus Paired Sample T-Test yang didahului dengan uji
validitas dan uji reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa
hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa metode drill berbasis SITA (Soal
Cerita) mempunyai nilai signifikan sebesar 0,00 < 0,05. Artinya, terdapat
perbedaan nilai signifikan antara data hasil penelitian pre-test dan post-test
sehingga dapat dikatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat dilihat juga
sebelum diberikan perlakuan menggunakan metode drill berbasis SITA (Soal
Cerita) nilai rata-rata pre-test sebesar 61,0 sedangkan setelah diberi perlakuan
menggunakan metode drill berbasis SITA (Soal Cerita) nilai rata-rata post-test
sebesar 91,5. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh metode drill berbasis SITA (Soal Cerita) terhadap kemampuan
numerasi pada siswa kelas III SD Muhammadiyah 12 Medan. |
en_US |