Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model project based
learning terhadap kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP IT ALMunadi
Medan tahun pelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh
siswa kelas VIII SMP IT AL-Munadi Medan tahun pelajaran 2022/2023 yang
berjumlah 139 siswa. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
kelas VIII-5 sebanyak 25 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes esai.
Hasil dari penelitian ini diperoleh jumlah nilai rata-rata kemampuan menulis teks
ulasan sebelum menggunakan model project based learning sebesar 52,20 dengan
rincian siswa memperoleh nilai 60-69 kategori cukup sebanyak 8 siswa (32,00 ),
siswa yang memperoleh nilai 46-59 kategori kurang sebanyak 9 siswa (36,00 ),
siswa yang memperoleh nilai 45-0 kategori sangat kurang sebanyak 8 siswa
(32,00 ). Nilai rata-rata kemampuan menulis teks ulasan sesudah menggunakan
model project based learning sebesar 90,20 dengan rincian siswa memperoleh
nilai 80-100 kategori baik sekali sebanyak 25 siswa (100,00 ). Berdasarkan uji
hipotesis dengan membandingkan harga thitung dengan ttabel dengan taraf signifikan
= 0,05 dengan dk= n1 n2 2=48 diperoleh thitung> ttabel atau 18,02>1,677
sehinga Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh model project based learning terhadap kemampuan menulis
teks ulasan siswa kelas VIII SMP IT AL-Munadi Medan tahun pelajaran
2022/2023.