dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan terhadap
kedisiplina, pengaruh pendidikan terhadap kompensasi, pengaruh pendidikan
terhadap insentif, pengaruh kompensasi terhadap kedisiplinan, pengaruh insentif
terhadap kedisiplinan, pengaruh pendidikan terhadap kedisiplinan melalui
kompensasi, pengaruh pendidikan terhadap kedisiplinan melalui insentif, dan
pengaruh pendidikan terhadap kedisiplina melalui kompensasi dan insentif.
Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif dengan pendekatan
kuantitatif dengan sampel sebanyak 56 responden yang merupakan pegawai
Rumah Sakir Pirngadi Medan yang berada dibidang Polikkelinik. Teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner yang berisi pernyataan serta teknik
analisis data menggunakan Partial Least Square (SmartPls) untuk menguji tujuh
hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini. Hasil penelitan menunjukan bahwa
tidak ada pengaruh antara pendidikan terhadap kedisiplinan, pendidikan memiliki
pengaruh terhadap kompensasi, pendidikan memiliki pengaruh terhadap insentif,
kompensasi tidak berpengaruh terhadap kedisiplinan, insentif tidak berpengaruh
terhadap kedisiplinan, pendidikan tidak berpengaruh terhadap kedisiplinan
melalui kompensasi, hal ini berarti variabel mediasi (kompensasi) menjadi
mediator antara pendidikan terhadap kedisiplinan, pendidikan tidak memiliki
pengaruh terhadap kedisiplinan melalui insentif, hal ini berarti variabel mediasi
(insentif) menjadi mediator antar pendidikan dengan kedisiplinan |
en_US |