Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR TEKS PERSUASIF PADA SISWA KELAS VIII SMP PERTIWI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author SINULINGGA, AGITA K
dc.date.accessioned 2023-11-22T04:53:04Z
dc.date.available 2023-11-22T04:53:04Z
dc.date.issued 2023-11-22
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22476
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menganalisis struktur teks persuasi pada kelas VIII SMP Pertiwi Medan tahun pembelajaran 2022/2023 sebelum menggunakan model pembelajaran inquiry. Untuk mengetahui kemampuan menganalisis struktur teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP Pertiwi Medan tahun pembelajaran 2022/2023 sesudah menggunakan model pembelajaran inquiry. Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap kemampuan menganalisis struktur teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP Pertiwi Medan tahun pembelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen di mana objek yang diteliti adalah siswa kelas VIII SMP Pertiwi Medan tahun pembelajaran 2022/2023 untuk mengetahui pengaruh treatment (perlakuan) model pembelajaran inquiry. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII berjumlah 78 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1 yang berjumlah 25 siswa. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menggunakan model pembelajaran inquiry nilai rata-rata pre-test yang diuji pada kelas VIII-1 sebesar 44,48 dengan standar deviasi 9,40 diperoleh nilai tertinggi 81 dan nilai terendah 25 Sedangkan dari hasil penelitian sesudah menggunakan model pembelajaran inquiry pada kelas VIII-1 nilai rata-rata post-test sebesar 82,28 dengan standar deviasi 16,70 dan diperoleh nilai tertinggi sebesar 94 dan nilai terendah 63. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung 9,94 dan bila dikonsultasikan dengan nilai ttabel pada taraf signifikan 0,05 dan df = N – 1, 25 – 1 = 24, maka ttabel = 1,71. Dengan membandingkan antara thitung dengan ttabel dengan kriteria thitung > ttabel (9,94 > 1,71) sehingga Ha diterima. Dengan kata lain terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar kemampuan menganalisis struktur teks persuasi pada kelas VIII SMP Pertiwi Medan tahun pembelajaran 2022/2023. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Inquiry en_US
dc.subject Kemampuan Menganalisis Struktur Teks persuasi en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR TEKS PERSUASIF PADA SISWA KELAS VIII SMP PERTIWI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account