Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menganalisis struktur
teks persuasi pada kelas VIII SMP Pertiwi Medan tahun pembelajaran 2022/2023
sebelum menggunakan model pembelajaran inquiry. Untuk mengetahui
kemampuan menganalisis struktur teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP
Pertiwi Medan tahun pembelajaran 2022/2023 sesudah menggunakan model
pembelajaran inquiry. Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran
inquiry terhadap kemampuan menganalisis struktur teks persuasi pada siswa kelas
VIII SMP Pertiwi Medan tahun pembelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen di mana objek yang
diteliti adalah siswa kelas VIII SMP Pertiwi Medan tahun pembelajaran
2022/2023 untuk mengetahui pengaruh treatment (perlakuan) model pembelajaran
inquiry. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII berjumlah
78 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1 yang berjumlah 25
siswa. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menggunakan model
pembelajaran inquiry nilai rata-rata pre-test yang diuji pada kelas VIII-1 sebesar
44,48 dengan standar deviasi 9,40 diperoleh nilai tertinggi 81 dan nilai terendah
25 Sedangkan dari hasil penelitian sesudah menggunakan model pembelajaran
inquiry pada kelas VIII-1 nilai rata-rata post-test sebesar 82,28 dengan standar
deviasi 16,70 dan diperoleh nilai tertinggi sebesar 94 dan nilai terendah 63.
Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung 9,94 dan bila
dikonsultasikan dengan nilai ttabel pada taraf signifikan 0,05 dan df = N – 1, 25 – 1
= 24, maka ttabel = 1,71. Dengan membandingkan antara thitung dengan ttabel dengan
kriteria thitung > ttabel (9,94 > 1,71) sehingga Ha diterima. Dengan kata lain terdapat
pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar kemampuan
menganalisis struktur teks persuasi pada kelas VIII SMP Pertiwi Medan tahun
pembelajaran 2022/2023.