Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN BERDASARKAN CERPEN KELAS VIII SMP NEGERI 13 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author SARASWATI, ZUL
dc.date.accessioned 2023-11-22T04:49:13Z
dc.date.available 2023-11-22T04:49:13Z
dc.date.issued 2023-09-23
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22474
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kurangnya minat siswa Kelas VIII SMP NEGERI 13 MEDAN terhadap kemampuan menulis teks ulasan berdasarkan cerita pendek, untuk mengetahui kemampuan menulis teks ulasan berdasarkan cerita pendek dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Kelas VIII SMP NEGERI 13 MEDAN, untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dalam meningkatkan kemampuan menulis teks ulasan berdasarkan cerita pendek siswa Kelas VIII SMP NEGERI 13 MEDAN. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII¹ SMP Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2022-202 yang terdiri dari siswa kelas VIII.1, VIII.2, VIII.3, VIII.4, VIII.5, VIII.6, VIII,7.Peneliti mengambil sampel pada siswa kelas VIII-1 SMP NEGERI 13 MEDAN dengan jumlah siswa 30 siswa tersebut sulit dalam menulis cerpen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks ulasan berdasarkan cerpen sebelum menggunakan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) sangat rendah dimana hanya 6 orang siswa yang memenuhi nilai KKM sedangan yang belum memenuhi nilai KKM sebanyak 24 orang. Kemampuan menulis teks ulasan berdasarkan cerpen sesudah menggunakan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) sangat tinggi dimana hanya 1 orang siswa yang tidak memenuhi nilai KKM sedangan yang memenuhi nilai KKM sebanyak 29 orang.Terdapat pengaruh Model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan menulis teks ulasan berdasarkan cerpen Kelas VIII SMP Negeri 13 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. en_US
dc.subject Pengaruh en_US
dc.subject Metode Pembelajaran Koopratif Tipe Think Pair Share en_US
dc.subject Menulis Teks en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN BERDASARKAN CERPEN KELAS VIII SMP NEGERI 13 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account