Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kurangnya minat siswa Kelas
VIII SMP NEGERI 13 MEDAN terhadap kemampuan menulis teks ulasan
berdasarkan cerita pendek, untuk mengetahui kemampuan menulis teks ulasan
berdasarkan cerita pendek dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe Think Pair Share pada Kelas VIII SMP NEGERI 13 MEDAN, untuk
mengetahui keefektifan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share
dalam meningkatkan kemampuan menulis teks ulasan berdasarkan cerita pendek
siswa Kelas VIII SMP NEGERI 13 MEDAN.
Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII¹
SMP Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2022-202 yang terdiri dari siswa
kelas VIII.1, VIII.2, VIII.3, VIII.4, VIII.5, VIII.6, VIII,7.Peneliti mengambil
sampel pada siswa kelas VIII-1 SMP NEGERI 13 MEDAN dengan jumlah siswa
30 siswa tersebut sulit dalam menulis cerpen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks ulasan
berdasarkan cerpen sebelum menggunakan Model pembelajaran Kooperatif Tipe
Think Pair Share (TPS) sangat rendah dimana hanya 6 orang siswa yang
memenuhi nilai KKM sedangan yang belum memenuhi nilai KKM sebanyak 24
orang. Kemampuan menulis teks ulasan berdasarkan cerpen sesudah
menggunakan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS)
sangat tinggi dimana hanya 1 orang siswa yang tidak memenuhi nilai KKM
sedangan yang memenuhi nilai KKM sebanyak 29 orang.Terdapat pengaruh
Model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap
Kemampuan menulis teks ulasan berdasarkan cerpen Kelas VIII SMP Negeri 13
Medan Tahun Ajaran 2022/2023.