Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
komunikasi, tingkat pendidikan, dan profesionalisme terhadap kualitas pelayanan
di PT. Bank Sumut Syariah Medan. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif, dengan pendekatan asosiatif. Jumlah populasi penelitian ini sebanyak
40 responden, yaitu karyawan PT. Bank Sumut Syariah Medan. Sumber data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan
menyebarkan kuesioner kepada responden. Teknik analisis data dalam penelitian
ini adalah uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan
uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan software SPSS versi 25. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi, tingkat pendidikan dan
profesionalisme kerja secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kualitas kerja karyawan PT. Bank Sumut Syariah Medan pada
Tahun 2023. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 361,619 lebih besar
dari Ftabel sebesar 2,63 dan mempunyai angka signifikan sebesar 0,00 < 0,05.
Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (Adjust R Square) diketahui bahwa
variabel pola komunikasi, tingkat pendidikan dan profesionalisme kerja dapat
menjelaskan tingkat kualitas kerja karyawan sebesar 96,5%. Sementara sisanya
(3,5%) dapat dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.