dc.contributor.author |
Samudra, Muhammad Jaka |
|
dc.date.accessioned |
2023-11-22T02:39:43Z |
|
dc.date.available |
2023-11-22T02:39:43Z |
|
dc.date.issued |
2023-11-22 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22436 |
|
dc.description.abstract |
Merosotnya permasalahan adab dalam dunia pendidikan sangat berdampak
kepada rusaknya peradaban. Oleh karena itu sangat penting pendidikan adab seorang
guru dan adab seorang penuntut ilmu. Pendidikan adab membutuhkan pedoman yang
sesuai dengan Al-Quran, As-Sunnah, dan pendapat para ulama sebagai esensi dalam
memberikan solusi dari setiap permasalahan. Pada hal ini dalam kitab At-Tibyan Fi
Adabi Hamalatil Quran Imam Abu Zakaria Yahya bin Syaraf An-Nawawi merangkum
akan pendidikan adab. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui materi pendidikan
adab serta apa saja adab-adab yang harus dimiliki oleh pengajar dan pelajar menurut
Imam Nawawi dalam kitab At-Tibyan. Metode penelitian ini adalah penelitian pustaka
(library research) yaitu suatu riset yang memanfaatkan sumber pustaka untuk
memperoleh data tanpa memerlukan riset lapangan. Hasil dan kesimpulan penelitian
ini adalah terdapat 15 adab pendidikan adab bagi pengajar dan 22 pendidikan adab bagi
pelajar serta 5 keistimewaan kitab At-Tibyan. |
en_US |
dc.subject |
Pendidikan, Adab, Pengajar, Pelajar, At-Tibyan |
en_US |
dc.title |
PENDIDIKAN ADAB DALAM PERSPEKTIF PEMIKIRAN IMAM NAWAWI DALAM KITAB AT-TIBYAN FI ADABI HAMALATIL QURAN |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |