Research Repository

PENDIDIKAN ADAB DALAM PERSPEKTIF PEMIKIRAN IMAM NAWAWI DALAM KITAB AT-TIBYAN FI ADABI HAMALATIL QURAN

Show simple item record

dc.contributor.author Samudra, Muhammad Jaka
dc.date.accessioned 2023-11-22T02:39:43Z
dc.date.available 2023-11-22T02:39:43Z
dc.date.issued 2023-11-22
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22436
dc.description.abstract Merosotnya permasalahan adab dalam dunia pendidikan sangat berdampak kepada rusaknya peradaban. Oleh karena itu sangat penting pendidikan adab seorang guru dan adab seorang penuntut ilmu. Pendidikan adab membutuhkan pedoman yang sesuai dengan Al-Quran, As-Sunnah, dan pendapat para ulama sebagai esensi dalam memberikan solusi dari setiap permasalahan. Pada hal ini dalam kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Quran Imam Abu Zakaria Yahya bin Syaraf An-Nawawi merangkum akan pendidikan adab. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui materi pendidikan adab serta apa saja adab-adab yang harus dimiliki oleh pengajar dan pelajar menurut Imam Nawawi dalam kitab At-Tibyan. Metode penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) yaitu suatu riset yang memanfaatkan sumber pustaka untuk memperoleh data tanpa memerlukan riset lapangan. Hasil dan kesimpulan penelitian ini adalah terdapat 15 adab pendidikan adab bagi pengajar dan 22 pendidikan adab bagi pelajar serta 5 keistimewaan kitab At-Tibyan. en_US
dc.subject Pendidikan, Adab, Pengajar, Pelajar, At-Tibyan en_US
dc.title PENDIDIKAN ADAB DALAM PERSPEKTIF PEMIKIRAN IMAM NAWAWI DALAM KITAB AT-TIBYAN FI ADABI HAMALATIL QURAN en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account