Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 32 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author SARAGIH, JEPINDO MARUHUR
dc.date.accessioned 2023-11-21T10:11:20Z
dc.date.available 2023-11-21T10:11:20Z
dc.date.issued 2023-11-21
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22396
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Brainstorming terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Muhammadiyah 32 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran Brainstorming terhadap pemahaman konsep dan aktivitas belajar peserta didik.Populasi dalam penelitian ini adalah satu kelas IV SD Muhammadiyah 32 Medan yang berjumlah 27 siswa, sampel yang diambil dalam penelitian ini secara acak. Maka terpilihlah kelas IV sebagai kelas kontrol dan sebagai kelas test sebanyak juga.. Pengumpulan data diambil dengan metode pengamatan dalam bentuk Observasi, sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif yaitu uji hipotesis dengan rumus t (statistik uji t). Setelah diadakan penelitian maka didapat yaitu 85,63 > 67,22 maka Ho ditolak Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Brainstorming efektif terhadap pemahaman konsep dan aktivitas belajar peserta didik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Brainstorming terhadap Pemahaman Konsep Matimatika siswa kelas IV SD Muhammadiyah 32 Medan en_US
dc.subject Model Pembelajaran Brainstorming en_US
dc.subject Konsep Matematika en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 32 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account