dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Brainstorming terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD
Muhammadiyah 32 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas
metode pembelajaran Brainstorming terhadap pemahaman konsep dan aktivitas
belajar peserta didik.Populasi dalam penelitian ini adalah satu kelas IV SD
Muhammadiyah 32 Medan yang berjumlah 27 siswa, sampel yang diambil dalam
penelitian ini secara acak. Maka terpilihlah kelas IV sebagai kelas kontrol dan
sebagai kelas test sebanyak juga.. Pengumpulan data diambil dengan metode
pengamatan dalam bentuk Observasi, sedangkan analisis data menggunakan
deskriptif kuantitatif yaitu uji hipotesis dengan rumus t (statistik uji t). Setelah
diadakan penelitian maka didapat yaitu 85,63 > 67,22 maka Ho ditolak Ha
diterima. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa
metode pembelajaran Brainstorming efektif terhadap pemahaman konsep dan
aktivitas belajar peserta didik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
model pembelajaran Brainstorming terhadap Pemahaman Konsep Matimatika
siswa kelas IV SD Muhammadiyah 32 Medan |
en_US |