Abstract:
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh
metode Jigsaw berbasis Padlet terhadap hasil belajar siswa pada materi Peluang di
MAS PAB 2 Helvetia? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah
terdapat pengaruh metode Jigsaw berbasis Padlet terhadap hasil belajar siswa pada
materi Peluang di MAS PAB 2 Helvetia. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif dengan desain Pretest-posttest dengan satu perlakuan dengan
menggunakan metode Jigsaw berbasis Padlet. Hasil penelitian menggunakan
metode Jigsaw berbasis Padlet di MAS PAB 2 Helvetia diketahui bahwa hasil
belajar siswa kelas eksperimen lebih besar disbanding kelas control yaitu 80,23 >
61,71. Pengujian uji t berpasangan pada kelas eksperimen adalah p = 0,000 < 0,05
maka disimpulkan penggunaan metode Jigsaw berbasis Padlet signifikan
mempengaruhi hasil belajar siswa pada kelas X MIA I di MAS PAB 2 Helvetia.