Research Repository

METODE PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT IBNU TAIMIYAH DALAM KITAB TAZKIYATUN NAFS

Show simple item record

dc.contributor.author KHAIDIR, MUHAMMAD
dc.date.accessioned 2023-11-21T04:17:29Z
dc.date.available 2023-11-21T04:17:29Z
dc.date.issued 2023-11-21
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22333
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menelaah dengan mendalami isi kitab tazkiyah al-nafs karya Ibnu Timiyah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian pustaka sedangkan sumber data dari penelitian ini bersumber dari kitab Tazkiyatun Nafs, buku, jurnal, wawancara, survey dan literasi akademik. Analisis data yang digunakan adalah analisis isi, filosofi, komperatif, kualitatif, tema dan konseptual. Adapun hasil dari penelitian ini adalah bahwa kitab Tazkiyatun Nafs menurut Ibnu Taimiyah menguraikan serangkaian prinsip dan pedoman praktis untuk mencapai tujuan ini. Metode pendidikan akhlak yang dijelaskan oleh Ibnu Taimiyah mencakup pemahaman yang mendalam tentang akhlak Islami, pentingnya introspeksi diri, dan peran penting tazkiyah al-nafs (Pemurnian jiwa). Ibnu Taimiyah menekankan pentingnya memahami akhlak yang dikehendaki oleh Allah, seperti kejujuran, kesabaran, dan tawakkal (Berserah diri), serta menghindari sifat-sifat negatif seperti keangkuhan dan kedengkian. Selain itu, Ibnu Taimiyah juga menggaris bawahi pentingnya memahami ajaran agama secara mendalam, sehingga individu dapat memahami nilai-nilai moral yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. en_US
dc.subject Metode pendidikan akhlak, Ibnu Taimiyah, Tazkiyatun Nafs, Akhlak Islami en_US
dc.title METODE PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT IBNU TAIMIYAH DALAM KITAB TAZKIYATUN NAFS en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account