Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Negeri 067260 Medan Tahun Ajaran 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author Anglin, Yulia
dc.date.accessioned 2023-11-21T03:04:39Z
dc.date.available 2023-11-21T03:04:39Z
dc.date.issued 2023-09-18
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22308
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran sehingga siswa kurang menstimulus kemampuan berpikir kritsinya dalam proses pembelajaran tematik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas IV SD Negeri 067260 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 067260 Medan kelas IV yang berjumlah 147 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 63 siswa dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen berjumlah 31 siswa dan kelas IV B sebagai kelas kontrol berjumlah 32 siswa. Instrument penelitian ini dengan menggunakan lembar tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, karena pada hasil anasis uji t (independent t-tes) diperoleh hasil yang signifikansi (sig.2- tailed)0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya, terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas IV SD Negeri 067260 Medan. Hasil analisis data diperoleh rata-rata (mean) setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran problem based learning di kelas eksperimen yaitu 82,52. Sedangkan siswa di kelas kontrol rata-rata (mean) tanpa diberikan model pembelajaran problem based learning yaitu 70,62. Sehingga siswa yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning memiliki rata-rata yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tanpa menggunakan model pembelajaran problem based learning en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Model Pembelajaran Problem Based Learning en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Kritsi Siswa en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Negeri 067260 Medan Tahun Ajaran 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account