dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa kurang aktif dalam mengikuti
pembelajaran sehingga siswa kurang menstimulus kemampuan berpikir
kritsinya dalam proses pembelajaran tematik. Tujuan dari penelitian ini untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas
IV SD Negeri 067260 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa SD Negeri 067260 Medan kelas IV yang berjumlah 147 siswa. Teknik
pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random
sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 63 siswa dengan mengambil 2
kelas yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen berjumlah 31 siswa dan kelas
IV B sebagai kelas kontrol berjumlah 32 siswa. Instrument penelitian ini dengan
menggunakan lembar tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan
uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning
berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, karena pada hasil
anasis uji t (independent t-tes) diperoleh hasil yang signifikansi (sig.2-
tailed)0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya, terdapat
pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan
berpikir kritis siswa dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas IV SD Negeri
067260 Medan. Hasil analisis data diperoleh rata-rata (mean) setelah diberikan
perlakuan menggunakan model pembelajaran problem based learning di kelas
eksperimen yaitu 82,52. Sedangkan siswa di kelas kontrol rata-rata (mean)
tanpa diberikan model pembelajaran problem based learning yaitu 70,62.
Sehingga siswa yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model
pembelajaran problem based learning memiliki rata-rata yang lebih tinggi jika
dibandingkan dengan tanpa menggunakan model pembelajaran problem based
learning |
en_US |