Research Repository

Implementasi Kurikulum Berbasis Aqidah Islam di STP SMP Khoiru Ummah Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Pane, Safira Achmad
dc.date.accessioned 2023-11-21T01:50:53Z
dc.date.available 2023-11-21T01:50:53Z
dc.date.issued 2023-09-16
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22270
dc.description.abstract Sekolah Tahfizh Plus Khoiru Ummah Medan merupakan salah satu sekolah informal yang menempatkan anak sebagai subjek pendidikan. Sekolah Tahfizh Plus Khoiru Ummah Medan mempunyai kurikulum rancangan sendiri yaitu kurikulum yang diintegrasikan dengan Akidah Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan, mengetahui pelaksanaan dan mengetahui evaluasi kurikulum berbasis Aqidah Islam. Untuk mengetahui permasalahan tersebut, penulis menggunakan metodde pendekatan kualitatif dengan jenis Deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu mengolah data dan mendiskripsikan keadaan sesuai dengan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep kurikulum berbasis Aqidah Islam yaitu adanya pengintegrasian setiap mata pelajaran dengan Aqidah Islam. Pembelajaran dirancang dengan membuat pedoman kurikulum, kalender akademik, penentuan tema, jadwal pembelajaran dan kegiatan sehari hari. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode talqiyyan fikriyyan. Tujuan akan kurikulum berbasis Aqidah Islam ini tidak hanya menekankan pada keagamaan saja melainkan ilmu umum juga diharapkan dapat dikuasai siswa dengan tidak mengesampingkan nilai-nilai keislaman. Sedangkan implementasi kurikulum berbasis Aqidah Islam dilakukan dalam tiga tahap. Tahap awal meliputi persiapan/perencanaan kurikulum dan perencanaan pembelajaran, tahap kedua berisi tentang program pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran di kelas, dan metode pembelajaran. Dan tahap akhir meliputi kontrol dan evaluasi. Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan kurikulum adalah guru, orangtua, siswa, lingkungan dan pemerintah. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Kurikulum en_US
dc.subject Berbasis Aqidah Islam en_US
dc.title Implementasi Kurikulum Berbasis Aqidah Islam di STP SMP Khoiru Ummah Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account