Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan menulis naskah
drama pada siswa kelas XI SMK YAPIM Taruna Marelan tahun pembelajaran
2022/2023. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari
kelas XI-TKJ1, XI-TKJ2, XI-TKJ3, XI-TKR1, dan XI-TKR2 yang berjumlah 136
siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas XI-TKJ2 ditetapkan sebagai kelas
eksperimen dengan jumlah siswa 31 orang dan kelas XI-TKJ1 ditetapkan sebagai
kelas kontrol dengan jumlah siswa 32 orang. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah eksperimen. Instrumen penelitian ini menggunakan tes
tertulis. Hasil dari penelitian ini diperoleh jumlah nilai rata-rata sebesar 78,70
yang berada pada kategori baik dengan menggunakan model pembelajaran
Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan rincian siswa memperoleh nilai
80-100 dikategorikan sangat baik sebanyak 14 orang (45,16%), siswa memperoleh
nilai 66-79 dikategorikan baik sebanyak 14 orang (45,16%), dan siswa
memperoleh nilai 56-65 dikategorikan cukup sebanyak 3 orang (9,67%) oleh
siswa kelas XI SMK YAPIM Taruna Marelan Tahun Pembelajaran 2022/2023.
Nilai rata-rata sebesar 49,375 yang berada pada kategori kurang yang diajarkan
tanpa menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning
(CTL) dengan rincian siswa yang memperoleh nilai 66-79 dikategorikan baik
sebanyak 1 orang (3,125%), siswa yang memperoleh nilai 56-65 dikategorikan
cukup sebanyak 2 orang (6,25%), siswa yang memperoleh nilai 40-55
dikategorikan kurang sebanyak 24 orang (75%), dan siswa yang memperoleh nilai
<39 dikategorikan sangat kurang sebanyak 5 orang (15,625%). Model
pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih berpengaruh dalam
menulis naskah drama dibandingkan tanpa menggunakan model pembelajaran
Contextual Teaching and Learning (CTL). Hasil uji hipotesis diperoleh thitung =
9,5349 selanjutnya harga thitung ini dibandingkan dengan harga ttabel taraf signifikan
ɑ = 5% dengan Db = n1 + n2 – 2 = 61 maka diperoleh ttabel = 1,670. Demikian
dapat diketahui thitung > ttabel yaitu 9,5349 > 1,670 maka Ha diterima dengan
hipotesis ada pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning
(CTL) terhadap kemampuan menulis naskah drama pada siswa kelas XI SMK
YAPIM Taruna Marelan tahun pembelajaran 2022/2023.