Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis
matematis siswa SMP IT Prima Mandiri Medan pada materi bangun ruang
“kubus” dengan model pembelajaran Integratif Learning . Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas, dan instrumen penelitian yang digunakan
adalah tes untuk melihat ketercapaian siswa dengan peningkatan serta pemahaman
siswa dan observasi untuk melihat berpikir kritis siswa. Tes yang digunakan
adalah tes uraian yang terdiri dari 5 soal. Sedangkan, observasi dilakukan dengan
mengamati kemampuan berpikir kritis siswa sesuai dengan indikator. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP IT Prima Mandiri Medan yang
berjumlah 21 orang, sedangkan objek penelitian ini adalah model Integratif
Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa.
Hasil penelitian dari 21 siswa pada tes siklus I, ada 11 siswa yang mencapai
ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 52,38% pada tes siklus I ini yang menjadi
tujuan penelitian ini belum tercapai dan observasi nilai rata-rata presentase
berpikir kritis siswa 67,28 dengan kategori cukup, maka dilanjutkan pada siklus
II. Hasil tes siklus II menunjukan peningkatan yaitu 15 siswa yang mencapai
ketuntasan hasil belajar 71,42% dengan kategori baik. Dan observasi nilai rata rata presentase 75,55 dengan kategori baik. Disimpulkan bahwa dengan penerapan
model Integratif Learning pada pokok bahasan bangun ruang “kubus” terjadi
peningkatan berpikir kritis matematis siswa pada siswa SMP IT Prima Mandiri
Medan.