dc.description.abstract |
Nilai sosial pada iklan layanan masyarakat memanusiakan manusia
menggambarkan tentang sebuah pesan sosial yang biasanya diabaikan oleh
kebanyakan manusia tentang belajar memberi tanpa pamrih dengan
mengesampingkan balasan atas perbuatan kebaikan yang sudah dilakukan. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai sosial berdasarkan scene-scene
yang terdapat pada iklan dengan menggunakan teori Roland Barthes sebagai
acuannya yang terdiri atas tanda-tanda denotasi, konotasi, dan mitos. Denotasi
dimaknai dengan tanda yang sebenar-benarnya/asli terjadi sehingga dengan
adanya tanda yang sebenar-benarnya/asli dicampur dengan tatanan emosi maka
terbentuklah konotasi. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif
dengan konsep tekstual. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, dokumentasi serta melakukan literature research pada iklan layanan
masyarakat memanusiakan manusia produksi AVF channel Universitas Islam
Riau. Hasil penelitian ini menyimpulkan sikap atas rasa prihatin/iba yang dimiliki
manusia terhadap sesuatu, sikap tolong menolong untuk membantu sesama serta
peduli, sikap keikhlasan saat sedang memberikan bantuan tanpa melihat sisi
negatifnya, dan selalu ada konsekuensi dari setiap perilaku manusia yang
ditimbulkan baik dan buruknya. |
en_US |