Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran
Interaktif Berbasis Game Edukasi Menggunakan WORDWALL Terhadap
Kemampuan Menulis Teks Negosiasi oleh Siswa Kelas X SMK Yapim Taruna
Marelan Tahun Pembelajaran 2022/2023” Populasi penelitian ini adalah seluruh
kelas X yang terdiri dari kelas TKJ-1 TKJ-2 TKJ-3 TKJ-4 yang berjumlah 118
siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas X TKJ-1 yang berjumlah 27 orang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan jenis one group pre-test post- test design.. Instrument penelitian ini menggunakan tes tulis.
Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa kemampuan menulis teks negosiasi
sebelum(pre-test) media pembelajaran interaktif berbasis game edukasi
menggunakan wordwall cukup rendah Hal ini bisa dilihat dari nilai rata-rata yang
didapat siswa yaitu 63,58. Dari hasil nilai yang didapat bisa diketahui bahwa 8
siswa (29,62%) kemampuan baik, 15 siswa (55,56%) kemampuan cukup dan 4
siswa (14,81%) kemampuan kurang,Sedangkan, kemampuan menulis teks
negosiasi sesudah (post-test) media pembelajaran interaktif berbasis game edukasi
menggunakan wordwall oleh siswa kelas X TKJ-1 Tahun Pembelajaran
2022/2023 berada pada nilai rata-rata 85,33. Dari hasil yang didapatkan diketahui
sebanyak 14 siswa (51,8%) kemampuan baik sekali dan 13 siswa (48,14%)
kemampuan baik. Dari analisis data tersebut, hasil pengujian hipotesis yang
didapatkan thitung > ttabel yaitu 17.52 > 1,708. Jadi, kesimpulan yang dapat
diperoleh mengenai hipotesis yaitu Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini
membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikat dalam pengunaan media
pembelajaran interaktif berbasis game edukasi menggunakan wordwall oleh siswa
kelas X TKJ-1 Yapim Taruna Marelan Tahun Pembelajaran 2022/2023.