Abstract:
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh
literasi keuangan syariah, Islamic Branding dan religiusitas terhadap keputusan
mahasiswa dalam menggunakan jasa perbankan syariah pada mahasiswa PBS dan
MBS UMSU. Pendekatan penelitian pada skripsi ini adalah pendekatan kuantitatif
dan data yang digunakan berupa jenis data primer. Populasi yang digunakan
dalam penelitian ini adalah mahasiswa mahasiswa Perbankan Syariah dan
Manajemen Bisnis Syariah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara yaitu
berjumlah 335 mahasiswa, dan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan
rumus Slovin dengan jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 182 orang
mahasiswa. Teknik analisis data dengan uji deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi
klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Proses pengolahan data
menggunakan program SPSS versi 22.0.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan syariah
berpengaruh terhadap keputusan penggunaan jasa perbankan syariah pada
mahasiswa Perbankan Syariah dan Manajemen Bisnis Syariah Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara, hal ini diketahui nilai thitung variabel literasi
keuangan syariah sebesar 6.805 dibandingkan sebesar 1.65336 maka (6.805 >
1.65336), variabel Islamic Branding berpengaruh terhadap keputusan penggunaan
jasa perbankan syariah pada mahasiswa Perbankan Syariah dan Manajemen
Bisnis Syariah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, hal ini diketahui nilai
thitung variabel Islamic Branding sebesar 4.116 dibandingkan ttabel sebesar 1.65336
maka (4.116 > 1.65336), variabel Religiusitas berpengaruh terhadap keputusan
penggunaan jasa perbankan syariah pada mahasiswa Perbankan Syariah dan
Manajemen Bisnis Syariah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara,
diketahui nilai thitung variabel religiusitas sebesar 7.316 dibandingkan sebesar
1.65336 maka (7.316 > 1.65336), variabel Literasi keuangan syariah, Islamic
Branding dan religiusitas berpengaruh terhadap keputusan penggunaan jasa
perbankan syariah pada mahasiswa Perbankan Syariah dan Manajemen Bisnis
Syariah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, nilai Fhitung = 81.807
dibandingkan Ftabel sebesar 2,42 maka (81.807 > 2,42). Adapun nilai determinasi
menunjukan pengaruh yang cukup tinggi pengaruh antar variabel independent ke
variabel dependent hal ini ditunjukan dengan nilai R² pada table diatas bernilai
0,580 atau senilai 58% dimana sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak
diteliti di penelitian in