Research Repository

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SDN 107402 SAENTIS

Show simple item record

dc.contributor.author Siregar, Yulia Angreni
dc.date.accessioned 2023-11-20T01:28:13Z
dc.date.available 2023-11-20T01:28:13Z
dc.date.issued 2023-11-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22161
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran sehingga siswa kurang menstimulus kemampuan berpikir kritisnya dalam proses pembelajaran tematik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran Aktif tipe The Power of Two terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas IV SD Negeri 107402 Saentis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 107402 Saentis kelas IV yang berjumlah 50 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 siswa dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen berjumlah 24 siswa dan kelas IV B sebagai kelas kontrol berjumlah 26 siswa. Instrumen penelitian ini dengan menggunakan lembar tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Aktif tipe The Power of Two berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, karena pada hasil analisis uji t (independent t test) diperoleh hasil nilai signifikansi (sig.2-tailed) 0,001 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya, terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran Aktif tipe The Power of Two terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas IV SD Negeri 107402 Saentis. en_US
dc.subject Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Power Of Two, Kemampuan Berpikir Kritis en_US
dc.title PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SDN 107402 SAENTIS en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account