dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kurang aktif dalam mengikuti
pembelajaran sehingga siswa kurang menstimulus kemampuan berpikir kritisnya
dalam proses pembelajaran tematik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui
pengaruh penerapan strategi pembelajaran Aktif tipe The Power of Two terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas IV
SD Negeri 107402 Saentis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD
Negeri 107402 Saentis kelas IV yang berjumlah 50 siswa. Teknik pengambilan
sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel dalam
penelitian ini berjumlah 50 siswa dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas IV A
sebagai kelas eksperimen berjumlah 24 siswa dan kelas IV B sebagai kelas kontrol
berjumlah 26 siswa. Instrumen penelitian ini dengan menggunakan lembar tes.
Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji prasyarat (uji normalitas
dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan strategi pembelajaran Aktif tipe The Power of Two berpengaruh terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa, karena pada hasil analisis uji t (independent t test) diperoleh hasil nilai signifikansi (sig.2-tailed) 0,001 < 0,05, maka Ha diterima
dan H0 ditolak. Artinya, terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran Aktif
tipe The Power of Two terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam
pembelajaran tematik pada siswa kelas IV SD Negeri 107402 Saentis. |
en_US |