Research Repository

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 102019 FIRDAUS

Show simple item record

dc.contributor.author FITRIANTI, DESY
dc.date.accessioned 2023-11-17T07:16:27Z
dc.date.available 2023-11-17T07:16:27Z
dc.date.issued 2023-11-17
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22117
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan hasil belajar siswa yang rendah,guru kurang dalam menggunakan variasi metode, model dan media pembelajaran, dan siswa terlihat malas dalam memperhatikan guru ketika menjelaskan pembelajaran didalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar dalam pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 102019 Firdaus. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling yaitu jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang menyangkut pre-test dan post-test. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Pengujian hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Paired sampel T-Test yang didahului dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut dengan menggunakan uji hipotesis Paired sampel T-Test mendapatkan hasil nilai signifikan 0,000<0,05. Berarti nilai hasil signifikansi sebesar 0,000<0,05 maka ini menunjukkan bahwa Ha diterima berarti terdapat pengaruh signifikan metode pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar siswa dan Ho ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar dalam pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 102019 Firdaus en_US
dc.subject Talking Stick en_US
dc.subject Kooperatif en_US
dc.title PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 102019 FIRDAUS en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account