Abstract:
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui keterampilan menulis teks puisi
menggunakan metode outdoor study, (2) untuk mengetahui keterampilan menulis
teks puisi memakai metode konvensional dan (3) untuk mengetahui pengaruh
metode Outdoor Study dalam menulis teks puisi. Populasi pada penelitian ini
yakni semua peserta didik kelas X SMK Tritech Medan yang berjumlah 272
peserta didik. Sampel dalam penelitian ini yakni kelas X MR2 sebagai kelas
eksperimen serta kelas X MR3 sebagai kelas kontrol. Metode pada penelitian ini
yakni metode eksperimen serta desain yang digunakan posttest only control
design. Instrumen penelitian ini yakni tes esai. Temuan Analisis data pada kelas
kontrol memakai metode konvensioanal deperoleh skor rata-rata peserta didik
yaitu 64,19 dengan presentase 73% ataupun banyaknya 19 peserta didik atas
rentang skor 50-69 dikelompokkan rendah dan meraih skor dibawah KKM.
Berdasarkan temuan uji hipotesisnya diraih, mean peserta didik yang memakai
metode outdoor study besarnya 77,9 dengan presentase 83% atau sebanyak 20
siswa pada rentang nilai 70-98 dikategorikan tinggi dan mendapat nilai di atas
KKM. Berdasarkan uji hipotesis yang diperoleh penggunaan metode outdoor
study lebih baik dibandingkan penggunaan metode konvensional, dengan
demikian bisa disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode outdoor study
terhadap keterampilan menulis teks puisi pada siswa kelas X SMK Tritech Medan
tahun pembelajaran 2022/2023.