Research Repository

PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII SMP IT AL-MUNADI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022-2023

Show simple item record

dc.contributor.author SARI, TIARA
dc.date.accessioned 2023-11-17T03:26:07Z
dc.date.available 2023-11-17T03:26:07Z
dc.date.issued 2023-11-17
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22110
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP IT Al-Munadi Medan Tahun Pembelajaran 2022-2023. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP IT Al-Munadi Medan yang berjumlah 139 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-4 dengan jumlah 26 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Instrumen penelitian ini menggunkan tes esai. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan menulis teks persuasi siswa sesudah menggunakan model project based learning diperoleh dengan rata-rata nilai 91,65. Siswa yang memperoleh nilai 85-100 dikategori sangat baik sebanyak 18 siswa (69,00%) dan Siswa yang memperoleh nilai 75-84 dikategori baik sebanyak 8 siswa (31,00% ). Sedangkan kemampuan menulis teks persuasi siswa sebelum menggunakan model project based learning diperoleh dengan rata-rata nilai 55,73. Rincian siswa yang memperoleh nilai 65-74 dikategorikan cukup sebanyak 10 siswa (38,00%), siswa yang memperoleh 55-54 kategori kurang sebanyak 7 siswa (27,00%), dan siswa yang memperoleh 54-0 kategori sangat kurang sebanyak 9 siswa (35,00%). Berdasarkan uji hipotesis dengan membandingkan harga thitung dengan ttabel dengan taraf signifikasi α = 0,05 dengan dk = n1 + n2 – 2 = 50 diperoleh harga thitung > ttabel atau 14,23 > 1,676. Sehingga Ha diterima Ho ditolak. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model project based learning terhadap kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP IT Al-Munadi Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. en_US
dc.subject kemampuan menulis teks persuasi siswa en_US
dc.subject model project based learning en_US
dc.title PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII SMP IT AL-MUNADI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022-2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account