Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning
terhadap kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP IT Al-Munadi
Medan Tahun Pembelajaran 2022-2023. Populasi penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas VIII SMP IT Al-Munadi Medan yang berjumlah 139 siswa. Sampel
penelitian ini adalah kelas VIII-4 dengan jumlah 26 siswa. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Instrumen penelitian ini
menggunkan tes esai. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan menulis teks
persuasi siswa sesudah menggunakan model project based learning diperoleh
dengan rata-rata nilai 91,65. Siswa yang memperoleh nilai 85-100 dikategori
sangat baik sebanyak 18 siswa (69,00%) dan Siswa yang memperoleh nilai 75-84
dikategori baik sebanyak 8 siswa (31,00% ). Sedangkan kemampuan menulis teks
persuasi siswa sebelum menggunakan model project based learning diperoleh
dengan rata-rata nilai 55,73. Rincian siswa yang memperoleh nilai 65-74
dikategorikan cukup sebanyak 10 siswa (38,00%), siswa yang memperoleh 55-54
kategori kurang sebanyak 7 siswa (27,00%), dan siswa yang memperoleh 54-0
kategori sangat kurang sebanyak 9 siswa (35,00%). Berdasarkan uji hipotesis
dengan membandingkan harga thitung dengan ttabel dengan taraf signifikasi α = 0,05
dengan dk = n1 + n2 – 2 = 50 diperoleh harga thitung > ttabel atau 14,23 > 1,676.
Sehingga Ha diterima Ho ditolak. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh model project based learning terhadap kemampuan menulis
teks persuasi siswa kelas VIII SMP IT Al-Munadi Medan Tahun Pembelajaran
2022/2023.