dc.description.abstract |
Iklan sosial media, potongan harga dan faktor psikologis adalah beberapa variabel
yang mempengaruhi konsumen untuk memutuskan pembelian sebuah produk. Hal
ini juga dilakukan oleh masyarakat di Kecamatan Patumbak, untuk itu diperlukan
penelitian agar diketahui pengaruh masing- masing variabel. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui secara langsung maupun tidak langsung pengaruh iklan
sosial media, potongan harga dan faktor psikologis terhadap keputusan pembelian.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan
asosiatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh konsumen produk Scarlett
Body Lotion di Kecamatan Patumbak. Sampel penelitian ini sebanyak 100
responden menggunakan rumus Lemeshow. Teknik pengumpulan data
menggunakan kuesioner lalu diuji menggunakan uji validitas dan reabilitas. Teknik
analisis data menggunakan uji model persamaan struktural ( Structural Equation
Modeling/ SEM) dengan pendekatan alternatif Partial Least Square (PLS)
menggunakan SmartPLS versi 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada
pengaruh iklan sosial media terhadap faktor psikologis (sig = 0,000 < 0,05),tidak
ada pengaruh iklan sosial media keputusan pembelian (non sig = 0,241 > 0,05),
ada pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian (sig = 0,000 < 0.05),
tidak ada pengaruh potongan harga terhadap faktor psikologis (non sig = 0,546 >
0,05) tidak ada pengaruh potongan harga terhadap keputusan pembelian (non sig =
0,546 > 0,05), tidak ada pegaruh potongan harga terhadap keputusan pembelian
melalui faktor psikologis (non sig = 0,560 > 0,05) ada pengaruh iklan sosial media
terhadap keputusan pembelian melalui faktor psikologis (sig = 0,001 < 0,5).
Kesimpulan penelitian ada pengaruh Iklan sosial media terhadap faktor psikologis,
tidak ada pengaruh iklan sosial media keputusan pembelian, ada pengaruh faktor
psikologis terhadap keputusan pembelian, tidak ada pengaruh potongan harga
terhadap faktor psikologis, tidak ada pengaruh potongan harga terhadap keputusan
pembelian, tidak ada pegaruh potongan harga terhadap keputusan pembelian
melalui faktor psikologis,ada pengaruh iklan sosial media terhadap keputusan
pembelian melalui faktor psikologis terhadap konsumen produk Scarlett Body
Lotion. |
en_US |