Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi mata
pelajaran Ppkn dalam mengembangkan karakter solidaritas siswa kelas XI SMA
Negeri 12 Medan. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif teknik
pengumpulan datanya adalah wawancara dan observasi. Penanaman sikap
solidaritas amat sangat penting diberikan terhadap siswa agar para siswa
mempunyai kecerdasan IQ dan social yang seimbang (balance). Upaya-upaya
sekolah dalam membentuk solidaritas siswa dengan membuat program-program
kegiatan yang meliputi: (1) Bidang keagamaan, Seperti tausiyah mingguan,
peringatan maulid Nabi, dan shalat jum’at bersama. (2) Bidang Sosial, seperti
bakti social, pengumpulan dana spontanitas, dan infak. (3) Pembinaan ekstra
kurikuler. Upaya-upaya tersebut merupakan sebagian kecil pendidikan solidaritas
yang diberikan sekolah terhadap siswa namun pendidikan solidaritas yang paling
efektif adalah keteladanan yang istiqamah dari para pendidik. Hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa sekolah sangat berperan sekali dalam membentuk
solidaritas siswa di sekolah dan di luar sekolah.