dc.description.abstract |
Public Relation memegang peranan yang cukup penting dalam perusahaan, tidak
hanya sebagai jembatan komunikasi antara perusahaannya dengan masyarakat,
melainkan juga Public Relation turut berperan dalam membantu perusahaan dalam
menjaga hubungan yang harmonis dengan berbagai pihak agar reputasi dari
perusahaan dapat terjaga. Maka dari itu ada beberapa peran penting yang harus
dimiliki seorang Public Relation menurut Dozier dan Broom, yaitu sebagai
Penasehat Ahli (expert prexcriber), Fasilitator Komunikasi (communication
facilitator), dan Fasilitator Proses Pemecahan Masalah (problem solving process
facilitator), serta Teknisi Komunikasi (communication techinical). Hal inilah yang
menjadi fokus penelitian dalam Skripsi ini, dimana peneliti akan menganalisis
secara mendalam mengenai peran – peran tersebut dengan tujuan agar peneliti dapat
mengetahui bagaimana Public Relation dalam menjalankan peranannya
berdasarkan teori tersebut guna menjaga citra positif perusahaan khususnya dimata
masyarakat. Adapun subjek penelitian dalam skripsi ini adalah seorang Public
Relation dari PT Socfin Indonesia Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian Kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa Observasi,
Wawancara dan Dokumentasi. Dalam penelitian ini juga menggunakan model
Analisis Interaktif, dimana analisis data dilakukan selama peneliti melakukan
pengumpulan data dilapangan ataupun setelah semua data terkumpul. Hasil yang
diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa Public Relation dari PT Socfin
Indonesia telah menjalankan sebagian peranannya tersebut dalam menjaga citra
positif perusahaan. |
en_US |