dc.description.abstract |
Pendidikan merupakan sarana penting peningkatan kualitas sumber daya manusia
yang menjamin keberlangsungan suatu bangsa, yaitu dengan adanya model
pendidikan yang mampu menjadikan peserta didik cerdas dalam teori dan praktik
keilmuan. Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan
memperbaiki proses belajar mengajar. Skimming adalah tindakan mengambil
intisari atau intisari suatu bacaan. Oleh karena itu, skimming berarti mencari halhal
penting dari bacaan, yaitu gagasan pokok dan rincian penting. Dalam
penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah desain pra-eksperimental.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen
semu, dimana kuesioner akan dibagikan kepada responden. Lokasi penelitian ini
adalah MTs PAB 2. Populasinya adalah seluruh siswa MTs PAB 2. Dengan
demikian pengambilan sampel dilakukan menurut Grazi N Morgan, sehingga
sampel dalam penelitian ini berjumlah 232 siswa. Metode skimming parsial
mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs PAB 2 Sampali. Diketahui dengan
melihat hipotesis uji t bahwa nilai signifikan pengaruh metode skimming (X)
terhadap variabel hasil belajar siswa (Y) sebesar 0,004<0,005 dan thitung sebesar
18,772>0,200 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima
yang berarti berpengaruh signifikan terhadap variabel hasil belajar. murid(kamu). |
en_US |