Research Repository

PENGARUH MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA DI KELAS II SD NEGERI 020617 KECAMATAN BINJAI SELATAN KOTA BINJAI

Show simple item record

dc.contributor.author SYAHPUTRI, ELLIYANI
dc.date.accessioned 2023-11-15T02:36:50Z
dc.date.available 2023-11-15T02:36:50Z
dc.date.issued 2023-11-15
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22018
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kemampuan membacanya masih belum lancar dan masih terbata-bata sehingga siswa belum mampu membaca dengan lancar dan belum menguasai tanda baca. Tujuan dari peneitian ini untuk mengatahui pengaruh media kartu kata bergambar terhadap keterampilan membaca siswa di kelas II SD Negeri 020617 Kecamatan Binjai Selatan Kota Binjai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 020617 Kecamatan Binjai Selatan Kota Binjai kelas II yang berjumlah 50 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 siswa dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas II A sebagai kelas kontrol berjumlah 25 siswa dan kelas II B sebagai kelas eksperimen berjumlah 25 siswa. Instrument penelitian ini dengan menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu kata bergambar berpengaruh terhadap keterampilan membaca siswa, karena pada hasil analisis uji t (independent t-test) diperoleh hasil nilai signifikansi (sig.2-tailed) 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya, terdapat pengaruh media kartu kata bergambar terhadap keterampilan membaca siswa kelas II SD Negeri 020617 Kecamatan Binjai Selatan Kota Binjai. Hasil analisis data diperoleh rata-rata (mean) setelah diberikan perlakuan menggunakan media kartu kata bergambar di kelas eksperimen yaitu 88,88. Sedangkan siswa di kelas kontrol rata-rata (mean) tanpa diberikan media kartu kata bergambar yaitu 66,64. Sehingga siswa yang mendapat perlakuan dengan menggunakan media kartu kata bergambar memiliki rata-rata yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tanpa menggunakan media kartu kata bergambar. en_US
dc.subject Media Kartu Kata Bergambar en_US
dc.subject Keterampilan Membaca Siswa en_US
dc.title PENGARUH MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA DI KELAS II SD NEGERI 020617 KECAMATAN BINJAI SELATAN KOTA BINJAI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account