dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pergerakan harga ayam ras
pedaging yang terjadi di tingkat produsen, pasar induk, dan konsumen. Serta
menganalisis asimetri harga ayam ras pedaging yang terjadi antara produsen, pasar
induk dan konsumen. Data dianalisis dengan analisa deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif. Dengan mengumpulkan, mengolah dan mendeskripsikan data yang
sudah terkumpul dilanjutkan dengan uji stasioneritas data, uji penentuan lag
optimal, uji kointegrasi, uji kausalitas, uji asimetri harga dan uji wald test.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pergerakan harga ayam ras pedaging
berlangsung fluktuatif dengan pola pergerakan yang berbeda antara harga di tingkat
produsen, pasar induk, dan konsumen sepanjang tahun 2018 sampai 2022 dan
sepanjang tahun 2018 sampai 2022 transmisi harga ayam ras pedaging berlangsung
secara tidak lancar. Dimana terdapat hubungan asimetri dalam jangka pendek dan
jangka panjang pada saluran produsen – pasar induk. Artinya kenaikan harga yang
terjadi di tingkat produsen dan pasar induk tidak ditransmisikan secara sempurna
pada konsumen. Sementara itu transmisi harga ayam ras pedaging berlangsung
asimetris pada jangka pendek dan simetris pada jangka panjang pada saluran
pemasaran pasar induk – konsumen.
Pemerintah disarankan untuk mengawasi dan mengevaluasi regulasi yang
berkaitan dengan harga ayam ras pedaging yang bertujuan untuk menjamin
kecukupan dan kelancaran distribusi ayam ras pedaging. |
en_US |