Research Repository

PENGARUH MODEL GAME BASED LEARNING (GBL) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH 01 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author SIREGAR, PEBRI DAYANI
dc.date.accessioned 2023-11-14T00:54:01Z
dc.date.available 2023-11-14T00:54:01Z
dc.date.issued 2023-11-14
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21878
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan di sekolah siswa mudah jenuh dan bosan ketika terjadinya proses pembelajaran dikelas dan aktivitas belajar matematika masih terus berjalan satu arah hanya mendengarkan dan mencatat saat guru menyampaikan materi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Game Based Learning terhadap aktivitas belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas V SD Muhammadiyah 01 Medan. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah 01 medanyang beralamat Jl. Demak No.3, Sei Renggas Permata, Kec. Medan Area, Kota Medan, Sumatera Utara 20211. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 42 orang. Instrumen penelitian dengan menggunakan lembar observasi berjumlah 19 butir pernyataan yag valid. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas ahli, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t) dengan menggunakan bantuan software SPSS 26. Hasil analisis data aktivitas belajar siswa di kelas eksperimen siswa yang berjumlah 21 orang memperoleh jumlah skor 1220, sedangkan nilai tertinggi diperoleh 66 dan nilai terendah diperoleh 54 dengan skor rata-rata 58,09 kategori baik, sedangkan aktivitas belajar siswa di kelas kontrol siswa yang berjumlah 20 orang memperoleh jumlah skor 880, sedangkan nilai tertinggi diperoleh 58 dan nilai terendah diperoleh 32 dengan skor rata-rata 44 kategori cukup baik. Hasil pengujian hipotesis pada output dapat dilihat pada nilai sig. (2-tailed) bernilai 0,000 < 0,05. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulanya dari hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh model Game Based Learning terhadap aktivitas belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas V SD Muhammadiyah 01 Medan. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Game Based Learning (GBL) en_US
dc.subject Aktivitas Belajar Siswa en_US
dc.title PENGARUH MODEL GAME BASED LEARNING (GBL) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH 01 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account