dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan di sekolah siswa mudah
jenuh dan bosan ketika terjadinya proses pembelajaran dikelas dan aktivitas belajar
matematika masih terus berjalan satu arah hanya mendengarkan dan mencatat saat
guru menyampaikan materi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model
Game Based Learning terhadap aktivitas belajar siswa pada pembelajaran matematika
di kelas V SD Muhammadiyah 01 Medan. Penelitian ini dilakukan di SD
Muhammadiyah 01 medanyang beralamat Jl. Demak No.3, Sei Renggas Permata,
Kec. Medan Area, Kota Medan, Sumatera Utara 20211. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 42 orang. Instrumen penelitian dengan
menggunakan lembar observasi berjumlah 19 butir pernyataan yag valid. Metode
analisis data yang digunakan adalah uji validitas ahli, uji normalitas, uji homogenitas,
dan uji hipotesis (uji t) dengan menggunakan bantuan software SPSS 26. Hasil
analisis data aktivitas belajar siswa di kelas eksperimen siswa yang berjumlah 21
orang memperoleh jumlah skor 1220, sedangkan nilai tertinggi diperoleh 66 dan nilai
terendah diperoleh 54 dengan skor rata-rata 58,09 kategori baik, sedangkan aktivitas
belajar siswa di kelas kontrol siswa yang berjumlah 20 orang memperoleh jumlah
skor 880, sedangkan nilai tertinggi diperoleh 58 dan nilai terendah diperoleh 32
dengan skor rata-rata 44 kategori cukup baik. Hasil pengujian hipotesis pada output
dapat dilihat pada nilai sig. (2-tailed) bernilai 0,000 < 0,05. Berdasarkan analisis data
yang diperoleh, maka kesimpulanya dari hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh
model Game Based Learning terhadap aktivitas belajar siswa pada pembelajaran
matematika di kelas V SD Muhammadiyah 01 Medan. |
en_US |