dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pergerakan harga bawang merah
yang terjadi ditingkat produsen, pasar induk, dan konsumen. Serta melakukan
peramalan harga bawang merah di masa yang akan datang. Data analisis dengan
data analisa deskriftif dan pendekatan kuantitatif. Dengan mengumpulkan,
mengolah dan mendeskripsikan data yang sudah terkumpul dilanjutkan dengan uji
stesionaritas data, uji penentuan lag optimal, uji kointegrasi, uji kausalitas, uji
asimetri harga, uji wald test, autoregressve(AR), moving average (MA), dan model
auto regressive integrated moving avarange (ARIMA).
Hasil penelitan menunjukan bahwa transmisi harga yang terjadi antara
produsen, pasar induk dan konsumen berlangsung secara asimetri pada jangka
pendek dan asimetri jangka panjang. Sementara itu transmisi harga antara produsen
dan pasar induk berlangsung secara simetri baik dalam jangka pendek maupun
jangka panjang. Selain itu pada peramalan harga pada tingkat produsen dan
konsumen menunjukan harga yang relatif stabil sedangkan pada harga pasar induk
menunjukan harga yang relatif menurun. |
en_US |