Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VII MTS NURUL HUDA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author BR BANGUN, EMIYA ISNAINI
dc.date.accessioned 2023-11-13T07:49:14Z
dc.date.available 2023-11-13T07:49:14Z
dc.date.issued 2023-11-13
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21851
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran role playing terhadap kemampuan menceritakan kembali teks fabel pada siswa kelas VII MTs Nurul Huda Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di MTs Nurul Huda Medan yang beralamat di Jl. Jamin Ginting Km.8 Kelurahan Kwala Bekala Kecamatan Medan Johor. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 100 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-A yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen yang menerima pembelajaran menggunakan model role playing dan kelas VII-B yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol yang menerima pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif. Metode penelitian ini bersifat eksperimen menggunakan posttest only control design. Instrumen penelitian ini berupa tes lisan yaitu dengan menceritakan kembali teks fabel. Berdasarkan teknik analisis data, dapat diketahui bahwa kemampuan menceritakan kembali teks fabel dengan menggunakan model pembelajaran role playing memperoleh nilai rata-rata rata 85,93 kategori sangat baik dibuktikan dengan rincian 76-100 berjumlah 23 siswa dengan presentase 82,14% dan 51-75 berjumlah 5 siswa dengan presentase 17,86%. Sedangkan kemampuan menceritakan kembali teks fabel menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan nilai rata-rata 61,97 kategori baik dibuktikan dengan rincian 76-100 berjumlah 3 orang dengan presentase 8,33% dan 51-75 berjumlah 33 siswa dengan presentase 91,67%. Berdasarkan pengujian hipotesis nilai uji t maka diperoleh 𝑡β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 12,75 > 1,670 sehingga H𝑎 pada penelitian ini terbukti dan diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model role playing terhadap kemampuan menceritakan kembali teks fabel pada siswa kelas VII MTs Nurul Huda Medan tahun pembelajaran 2022/2023. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Role Playing, en_US
dc.subject Menceritakan Kembali Teks Fabel en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VII MTS NURUL HUDA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US
ο»Ώ

Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account