Abstract:
Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran role
playing terhadap kemampuan menceritakan kembali teks fabel pada siswa kelas
VII MTs Nurul Huda Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Lokasi penelitian
ini dilaksanakan di MTs Nurul Huda Medan yang beralamat di Jl. Jamin Ginting
Km.8 Kelurahan Kwala Bekala Kecamatan Medan Johor. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 100 siswa. Sampel
dalam penelitian ini adalah kelas VII-A yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas
eksperimen yang menerima pembelajaran menggunakan model role playing dan
kelas VII-B yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol yang menerima
pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif. Metode penelitian ini
bersifat eksperimen menggunakan posttest only control design. Instrumen
penelitian ini berupa tes lisan yaitu dengan menceritakan kembali teks fabel.
Berdasarkan teknik analisis data, dapat diketahui bahwa kemampuan
menceritakan kembali teks fabel dengan menggunakan model pembelajaran role
playing memperoleh nilai rata-rata rata 85,93 kategori sangat baik dibuktikan
dengan rincian 76-100 berjumlah 23 siswa dengan presentase 82,14% dan 51-75
berjumlah 5 siswa dengan presentase 17,86%. Sedangkan kemampuan
menceritakan kembali teks fabel menggunakan model pembelajaran kooperatif
dengan nilai rata-rata 61,97 kategori baik dibuktikan dengan rincian 76-100
berjumlah 3 orang dengan presentase 8,33% dan 51-75 berjumlah 33 siswa
dengan presentase 91,67%. Berdasarkan pengujian hipotesis nilai uji t maka
diperoleh 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 12,75 > 1,670 sehingga H𝑎 pada penelitian ini
terbukti dan diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model role
playing terhadap kemampuan menceritakan kembali teks fabel pada siswa kelas
VII MTs Nurul Huda Medan tahun pembelajaran 2022/2023.