Research Repository

Pengaruh Model Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Kelas IV SD 013848 Gedangan T.A 2022/2023. Skripsi. FKIP UMSU, 2023

Show simple item record

dc.contributor.author FACHRUNISA, NURIKA
dc.date.accessioned 2023-11-13T05:45:29Z
dc.date.available 2023-11-13T05:45:29Z
dc.date.issued 2023-11-13
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21832
dc.description.abstract Penelitian ini terdapat pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada nata peajaran matematika yang bertujuan untuk mengetahui dari pengaruh model pembelajaran Picture and Picture terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 013848 Gedangan. Lokasi penelitian ini berada di SD Negeri 013848 Gedangan. waktu penelitian dilaksanakan pada tahun ajaran 2022/2023. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 013848 Gedangan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik Sampel dua kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 28 orang yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen berjumlah 14 dan siswa kelas IV B sebagai kelas kontrol berjumlah 14 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, hal ini dapat dibuktikan karena pada hasil analisis uji t (independendent t test) di dapatkan hasil nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya model picture and picture berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 013848 Gedangan. Pada hasil analisis data dan mengenai kemampuan hasil belajar siswa dalam pembelajaran diperoleh rata-rata (mean) setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture (posttest) nilai rata-rata siswa tanpa diberikan perlakuan (pretest) kelas eksperimen adalah 65,18. Sedangkan pada posttest kelas ekperimen adalah 84,87. Untuk pada kelas kontrol nilai rata-rata (mean) pada pretest yaitu 54,28 sedangkan pada nilai rata-rata (mean) pada posttest 69,28. Maka dapat disimpulkan kelompok siswa yang mendapat perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture memiliki rata-rata yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan nilai siswa tanpa menggunakan model pembelajaran picture and picture. en_US
dc.subject Model Picture And Picture en_US
dc.subject Hasil Belajar Siswa en_US
dc.title Pengaruh Model Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Kelas IV SD 013848 Gedangan T.A 2022/2023. Skripsi. FKIP UMSU, 2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account