dc.description.abstract |
Penelitian ini terdapat pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada nata
peajaran matematika yang bertujuan untuk mengetahui dari pengaruh model
pembelajaran Picture and Picture terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
matematika kelas IV SD Negeri 013848 Gedangan. Lokasi penelitian ini berada di
SD Negeri 013848 Gedangan. waktu penelitian dilaksanakan pada tahun ajaran
2022/2023. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri
013848 Gedangan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik
Sampel dua kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 28 orang yaitu kelas IV
A sebagai kelas eksperimen berjumlah 14 dan siswa kelas IV B sebagai kelas
kontrol berjumlah 14 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan
model pembelajaran picture and picture berpengaruh terhadap hasil belajar siswa,
hal ini dapat dibuktikan karena pada hasil analisis uji t (independendent t test) di
dapatkan hasil nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Maka Ha diterima dan Ho ditolak.
Artinya model picture and picture berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas
IV SD Negeri 013848 Gedangan. Pada hasil analisis data dan mengenai
kemampuan hasil belajar siswa dalam pembelajaran diperoleh rata-rata (mean)
setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran picture
and picture (posttest) nilai rata-rata siswa tanpa diberikan perlakuan (pretest) kelas
eksperimen adalah 65,18. Sedangkan pada posttest kelas ekperimen adalah 84,87.
Untuk pada kelas kontrol nilai rata-rata (mean) pada pretest yaitu 54,28 sedangkan
pada nilai rata-rata (mean) pada posttest 69,28. Maka dapat disimpulkan
kelompok siswa yang mendapat perlakuan dengan menggunakan model
pembelajaran picture and picture memiliki rata-rata yang lebih tinggi jika
dibandingkan dengan nilai siswa tanpa menggunakan model pembelajaran picture
and picture. |
en_US |