dc.description.abstract |
Irzam Firlana (1804300102) dengan judul penelitian Analisis Pemasaran
Tandan Buah Segar Kelapa Sawit Rakyat (Studi Kasus: Di Desa Marjanji
Kecamatan Sipispis). Selama penelitian penulis dibimbing oleh Bapak
Muhammad Thamrin. S.P., M,Si., selaku ketua komisi dan Bapak Ir. Dewa Putu
Siantara, M.MA., selaku anggota komisi pembimbing.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran pemasaran tandan
buah segar kelapa sawit rakyat, untuk menganalisis marjin pemasaran, share
margin dan Efisiensi pemasaran tandan buah segar kelapa sawit rakyat di daerah
penelitian. Data yang digunakan berupa data primer yang diperoleh dari petani
dan pedagang kelapa sawit. Analisis data menggunakan analisis saluran
pemasaran, marjin, share margin dan Efisiensi pemasaran. Terdapat dua bentuk
saluran pemasaran kelapa sawit pada penelitian ini yaitu: petani-Pedagang
Pengumpul-RAM-Pabrik, dan petani -RAM -pabrik.
Hasil penelitian yang dilakukan di daerah penelitian menunjukkan share
margin pada saluran pertama sebesar 84,2% dengan marjin pemasaran Rp320
dan share margin pada saluran pemasaran kedua sebesar 94,1%. dengan marjin
pemasaran sebesar Rp120. Efisiensi pemasaran pada setiap saluran pemasaran
termasuk dalam katagori efisien karena nilai efisiensi dibawah 50% yaitu dengan
nilai efisiensi setiap saluran pemasaran sebesar 11,14% pada saluran pertama dan
1,2% pada saluran kedua. |
en_US |