Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Kelas III SD Budi Agung

Show simple item record

dc.contributor.author ULAYYA, ELVIRA
dc.date.accessioned 2023-11-04T08:05:00Z
dc.date.available 2023-11-04T08:05:00Z
dc.date.issued 2023-08
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21671
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Ingtegrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Berhitung siswa kelas III SD Budi Agung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan kelompok one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Budi Agung yang berjumlah 31 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Ingtegrated Reading and Composition lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata siswa tanpa menggunakan model pembelajaran Cooperative Ingtegrated Reading and Composition yaitu 57 banding 82. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sebelum menggunakan model pembelajaran CIRC yaitu 80. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sesudah menggunakan model pembelajaran Cooperative Ingtegrated Reading and Composition yaitu 100. Berdasarkan penelitian tersebut, diperoleh hasil perhitungan hipotesis mengguunakan uji t pada taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil nilai sig. (2-tailed) adalah 0, 000 ≤ 0, 05 maka dapat dikatakan Ha diterima H0 ditolak. Hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara pretest dan posttest dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Ingtegrated Reading and Composition terhadap kemampuan berhitung siswa kelas III SD Budi Agung en_US
dc.subject Cooperative Ingtegrated Reading and Composition, Kemampuan Berhitung en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Kelas III SD Budi Agung en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account