dc.contributor.author |
ULAYYA, ELVIRA |
|
dc.date.accessioned |
2023-11-04T08:05:00Z |
|
dc.date.available |
2023-11-04T08:05:00Z |
|
dc.date.issued |
2023-08 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21671 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Cooperative Ingtegrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan
Berhitung siswa kelas III SD Budi Agung. Jenis penelitian ini adalah penelitian
eksperimen dengan rancangan kelompok one group pretest-posttest design.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Budi Agung yang
berjumlah 31 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling
jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes. Berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai
rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Ingtegrated
Reading and Composition lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata siswa tanpa
menggunakan model pembelajaran Cooperative Ingtegrated Reading and
Composition yaitu 57 banding 82. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sebelum
menggunakan model pembelajaran CIRC yaitu 80. Nilai tertinggi yang diperoleh
siswa sesudah menggunakan model pembelajaran Cooperative Ingtegrated
Reading and Composition yaitu 100. Berdasarkan penelitian tersebut, diperoleh
hasil perhitungan hipotesis mengguunakan uji t pada taraf signifikan 0,05
diperoleh hasil nilai sig. (2-tailed) adalah 0, 000 ≤ 0, 05 maka dapat dikatakan Ha
diterima H0 ditolak. Hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat
perbedaan yang sangat signifikan antara pretest dan posttest dengan demikian
terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Ingtegrated Reading and
Composition terhadap kemampuan berhitung siswa kelas III SD Budi Agung |
en_US |
dc.subject |
Cooperative Ingtegrated Reading and Composition, Kemampuan Berhitung |
en_US |
dc.title |
Pengaruh Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Kelas III SD Budi Agung |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |