Research Repository

Pengembangan Modul IPS Bernilai Islami Materi Keragama pada Siswa Kelas IV SD SETIA NURUL AZMI Medan T.A 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author ARVIAWANTI, PUTRI
dc.date.accessioned 2023-11-04T07:53:36Z
dc.date.available 2023-11-04T07:53:36Z
dc.date.issued 2023-08
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21669
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan guru dalam menggunakan bahan ajar yang menyenangkan dan kurangnya kesopanan siswa dalam mengikuti perintah guru mengenai ajaran agama sehingga siswa sulit menerima materi yang disampaikan oleh guru dan acuhnya siswa dalam mengamalkan ajaran agama. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui bagaimana pengembangan Modul IPS Bernilai Islami Materi Keragaman pada siswa kelas IV SD Setia Nurul Azmi Medan. 2) Mengetahui apakah Modul IPS Bernilai Islami Pada Materi Keragaman ini memenuhi kriteria Valid dan 3) Mengetahui apakah Modul IPS Bernilai Islami Pada Materi Keragaman ini memenuhi kriteria Praktis. Penelitian ini menggunakan model Research and Develpoment (R & D). Populasi dalam penelitian ini yaitu 20 siswa kelas IV SD Setia Nurul Azmi Medan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan instrument Angket yaitu berupa Lembar angket validasi dan lembar angket kepraktisan. Penelitian ini menghasilkan Modul IPS Bernilai Islami Materi Keragaman. Hasil penelitian Modul IPS Bernilai Islami Materi Keragaman yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (Penilaian ahli materi mendapatkan nilai 43 dengan presentase 95,5 %, untuk penilaian ahli media mendapatkan nilai 55 dengan presentase 100%, Penilaian ahli bahasa mendapatkan nilai 42 dengan presentase 93,3% dan penilaian ahli nilai keislaman mendapatkan nilai 51 dengan presentase 92,7%) dan sangat praktis (Penilaian respon guru mendapatkan nilai 60 dengan presentase 92,3%, dan penilaian uji coba kelompok kecil 20 siswa mendapatkan nilai 10,394 dengan presentase 94,4%). Hal tersebut menunjukkan bahwa Modul IPS Bernilai Islami Materi Keragaman telah memenuhi kriteria valid dan memenuhi kriteria praktis sehingga dapat diterapkan pada tingkatan sekolah dasar. en_US
dc.subject Modul IPS Bernilai Islami Materi Keragaman , Bahan en_US
dc.title Pengembangan Modul IPS Bernilai Islami Materi Keragama pada Siswa Kelas IV SD SETIA NURUL AZMI Medan T.A 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account