Abstract:
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan ejaan pada
kutipan yang ada di dalam Skripsi dan Daftar Pustaka Mahasiswa Prodi
Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UMSU Tahun 2022. Penelitian ini dilakukan
karena banyak ditemukan kesalahan penulisan ejaan kutipan dan daftar pustaka
pada skripsi mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia tahun 2022. Sumber
data penelitian ini adalah skripsi mahasiswa Program studi Pendidikan Bahasa
Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah
Sumatera Utara yang berjumlah 94 skripsi. Adapun sampel penelitian ini
berjumlah 20 skripsi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan
analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesalahan
penggunaan ejaan dan penulisan daftar pustaka pada skripsi mahasiswa Program
Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara tahun 2022, seluruh data kesalahan
yang ditemukan berjumlah 224 kesalahan. Kesalahan tersebut meliputi
penggunaan ejaan yang terdiri dari kesalahan penulisan huruf kapital sebanyak 41
kesalahan, kesalahan penulisan huruf miring sebanyak 49 kesalahan, kesalahan
penulisan tanda baca sebanyak 64 kesalahan, penggunaan ejaan didominasi oleh
kesalahan penulisan tanda baca titik. Sedangkan kesalahan penulisan daftar
pustaka terdapat 64 kesalahan yang didominasi oleh kesalahan penulisan nama
jurnal