Research Repository

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERWUDHU DENGAN METODE DEMONSTRASI ANAK TUNAGRAHITA TINGKAT SMP DI SLB NEGERI BINJAI

Show simple item record

dc.contributor.author Aulia, Tia
dc.date.accessioned 2023-10-18T03:09:43Z
dc.date.available 2023-10-18T03:09:43Z
dc.date.issued 2023-10-18
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21582
dc.description.abstract Metode demonstrasi adalah merupakan sistem pembelajaran yang mempraktikkan dan menunjukkan langsung tentang sesuatu yang dipelajari oleh siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan anak tunagrahita dalam tata cara berwudhu. Siswa sudah mengenal wudhu, namun kalau anak diminta mempraktikkan langkah-langkah berwudhu, siswa sering tidak berurutan sesuai langkah-langkah wudhu dan bahkan terkadang siswa melupakan salah satu langkahnya. Dipilihnya tata cara berwudhu karena sebagai umat Islam sholat merupakan kewajiban yang harus kerjakan, tanpa wudhu yang benar maka sholat tidaklah sah. Oleh karena itu, untuk memudahkan pembelajaran bagi siswa, peneliti akan metode demonstrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berwudhu melalui metode demonstrasi pada siswa tunagrahita dikelas IX SLB Negeri Binjai. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan tes, kemudian dianalisis secara kuantitatif. Berdasarkan pengamatan awal dan setelah adanya siklus I, II, dan III kegiatan pembelajaran berwudhu dengan metode demonstrasi bagi siswa tunagrahita dapat dikatakan berhasil. Hal ini dapat terlihat di SLB Negeri Binjai menunjukan peningkatan keberhasilan siswa pada Pra Siklus mencapai 22,89% , pada Siklus I mencapai 29,16% , pada Siklus II mencapai 65,27% dan pada Siklus III mencapai 85,68% en_US
dc.subject Metode Demonstrasi en_US
dc.subject Tunagrahita en_US
dc.title UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERWUDHU DENGAN METODE DEMONSTRASI ANAK TUNAGRAHITA TINGKAT SMP DI SLB NEGERI BINJAI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account