dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas implementasi
pendidikan karakter berbasis literasi abad 21 di MTs Negeri 2 Labuhanbatu.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam bentuk studi kasus. Penelitian ini
dilaksanakan di MTs Negeri 2 Labuhanbatu. Adapun responden penelitian ini adalah
kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data
secara observasi, wawancara dan dokumen. Hasil penelitian ini adalah MTs Negeri 2
Labuhanbatu telah mengimplementasikan pendidikan karakter berbasis literasi baca
tulis serta budaya dan kewargaan secara baik dengan membuat perencanaan
pembelajaran secara matang. Dimana madrasah telah menyusun perencanaan dan
sistem pembelajarannya melalui program-program literasi yang dapat menggali
kecerdasan dan akhlak mulia siswa, MTs Negeri 2 Labuhanbatu telah melaksanakan
dengan cukup baik program-program implementasi pendidikan karakter berbasis
literasi berbasis literasi baca tulis serta budaya dan kewargaan serta berusaha
meningkatkan program tersebut agar dapat lebih mudah diterapkan oleh guru dan
siswa. Pendidikan karakter berbasis literasi baca tulis serta budaya dan kewargaan
diterapkan dengan pembiasaan siswa di MTs Negeri 2 Labuhanbatu. sehingga siswa
secara langsung mampu memperoleh dan menerapkan pendidikan karakter pada diri
mereka sendiri sehingga tercipta output siswa yang berkarakter baik, mulia, dan
memiliki rasa cinta terhadap budaya dan tanah air. Penerapan program literasi di
MTs Negeri 2 Labuhanbatu untuk literasi baca tulis yang ada di sekolah diantaranya
adalah dengan menyediakan fasilitas pojok baca di setiap ruang kelas, fasilitas taman
baca, dan perpustakaan Sedangkan untuk literasi budaya dan kewargaan dengan
adanya ekskul kebudayaan, pramuka dan kebangsaan. |
en_US |