Research Repository

IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBINAAN KARAKTER SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 01 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author Jana, Azhari
dc.date.accessioned 2023-10-18T02:09:39Z
dc.date.available 2023-10-18T02:09:39Z
dc.date.issued 2023-09-21
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21567
dc.description.abstract Pendidikan karakter merupakan salah satu kunci keberhasilan pendidikan di Indonesia. Perhatian pemerintah terhadap pendidikan karakter bukanlah suatu hal yang baru, melainkan menempatkan pendidikan pada proporsi yang sesungguhnya, sebab kedepannya bangsa indonesia akan dipegang oleh generasi yang kini masih berada di jenjang pendidikan. Pendidikan karakter menjadi penting untuk dihadirkan dalam setiap aktivitas pendidikan agar dapat mengeluarkan individu-individu yang memiliki karakter yang baik. Akibat kurang nya pendidikan karakter berdampak kepada generasi penerus bangsa yang menghadapi tantangan cukup berat, khususnya bagi pendidikan karakter bangsa indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan informasi mengenai Implementasi Program Pembinaan Karakter di SMP Muhammadiyah 1 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu penelitian dilakukan berdasarkan survei sesuai kondisi yang terjadi dilapangan. Alat pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan nilai-nilai pendidikan agama islam melalui program pembinaan karakter dengan menerapkan shalat berjama’ah, apel pagi, malam ibadah, tahsin tilawah, Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), upacara bendera, tadabbur alam, fardhu kifayah, dan infaq jum’at sangat baik dalam membentuk karakter siswa melalui kegiatan pembinaan karakter yang dilakukan secara berulang-ulang. en_US
dc.subject Pembinaan en_US
dc.subject Karakter en_US
dc.subject Siswa en_US
dc.title IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBINAAN KARAKTER SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 01 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account