Research Repository

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERHITUNG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SD NEGERI 107430 GALANG

Show simple item record

dc.contributor.author SILVYANI
dc.date.accessioned 2023-10-13T03:51:40Z
dc.date.available 2023-10-13T03:51:40Z
dc.date.issued 2023-09-23
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21546
dc.description.abstract Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semster I tahun ajaran 2022/2023 dalam dua siklus, subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 107430 Galang yang berjumlah 12 laki-laki dan 9 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non-tes. Instrumen penelitian berupa tes danlembar observasi. Teknis analisis data yang dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajarsiswa pada muatan Pembelajaran Matematika di kelas II SD Negeri 107430 Galang. Hasil peningkatan keterampilan berhitung siswa dapat dilihat dari perolehan data dari 21 siswa, pada soal pretes pratindakan siswa yang tuntas sebanyak 4 siswa dengan kalsikal 19%, sedangkan pada soal prete siklus 1 siswa yang tuntas sebanyak 7 siswa dengan klasikal 33% dan pada soal pretes siklus II siswa yang tuntas sebanyak 16 siswadengan klasikal 76%, maka dapat dilihat adanya peningkatan dari pratindaka, siklus I dan siklus II sebanyak 9 siswa dengan klasikal 43%. en_US
dc.subject Keterampilan Berhitung en_US
dc.subject Media Papan Urutan Bilangan en_US
dc.subject Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN BERHITUNG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SD NEGERI 107430 GALANG en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account