Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi
kepercayaan dan persepsi keamanan terhadap minat penggunaan QRIS sebagai alat
pembayaran digital UMKM halal kota Medan. Jenis penelitian pada skripsi ini
adalah penelitian kuantitatif dan data yang digunakan berupa jenis data
primer.Teknik analisis data dengan uji deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik,
analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Proses pengolahan data
menggunakan program SPSS versi 22.0. Hasil dari penelitian ini adalah Persepsi
Kepercayaan (X1) berpengaruh terhadap minat penggunaan QRIS terlihat dari
thitung>ttabel Persepsi Kepercayaan (X1) berpengaruh terhadap minat penggunaan
QRIS terlihat dari thitung>ttabel (4,753>1,295) dan tarafsignifikannya yang lebih kecil
dari 0,05 (0,000<0,05). Persepsi Keamanan (X2) berpengaruh terhadap minat
penggunaan QRIS terlihat dari thitung>ttabel (6,392>1,295) dan taraf siginifikannya
yang lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05). Pada persepsi kepercayaan dan persepsi
keamanan berpengaruh terhadap minat penggunaan QRIS sebagai alat pembayaran
digital UMKM halal kota Medan yaitu 0,928 atau 92,8%.