dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kreativitas siswa
sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Talking Stick dan untuk
mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Lagu Daerah
Terhadap Kreativitas Siswa Kelas IV SD Bener Pepanyi. Jenis penelitian ini
adalah penelitian kuantitatif, sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik
kelas IVA SD Negeri Bener Pepanyi berjumlah 25 orang siswa. Analisis yang
digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan
uji independent sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian yang diproses dan
dianalisis dengan menggunakan software SPSS 22.0 for windows menunjukkan
bahwa data hasil pretest dan posttest kreativitas siswa berdistribusi normal,
kemudian hasil uji homogenitas menjelaskan bahwa data hasil pretest dan posttest
berasal dari populasi - populasi yang mempunyai varians yang sama, atau kedua
hasil test tersebut bersifat homogen. Pengujian independent sample t-test (uji-t)
diperoleh hasil bahwa nilai signifikansi (sig.2-tailed) dengan uji-t adalah 0,005,
dengan demikian nilai signifikansinya dibawah 0,05 sehingga dapat disimpulkan
bahwa terdapat terhadap kreativitas siswa kelas IV SD Bener Pepanyi. |
en_US |