dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar matematika siswa
kelas V SDN 0213 Aek Pastak tahun ajaran 2022/2023. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas V di SDN 0213 Aek Pastak. Pendekatan dalam penelitian
ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah siswa kelas V SDN
0213 Aek Pastak yang terdiri dari satu kelas. Pengambilan sampel dilakukan
dengan sampel jenuh. Variabel bebas adalah model pembelajaran Snowball
Throwing, variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Pada hasil penelitian ini
menunjukkan hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran
snowball throwing terlihat dari hasil siswa dalam proses belajar mengajar dan
selama proses pembelajaran sangat rendah dimana 8 siswa telah memenuhi nilai
KKM dan 12 siswa belum memenuhi nilai KKM dengan nilai rata-rata 58,5. Hasil
belajar siswa sesudah menggunakan model snowball throwing dapat dilihat dari
pelaksanaan proses pembelajaran sudah meningkat dimana 19 siswa telah
memenuhi nilai KKM dan 1 siswa belum memenuhi nilai KKM dengan nilai rata rata 78. Pada hasil dari penelitian ini menggunakan uji hipotesis mendapatkan nilai
signifikan sebesar 0,000. Maka 0,000 < 0,005, artinya Ha diterima. Dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing
Terhadap Hsil Belajar Matematika Siswa Kelas V Di SDN 0213 Aek Pastak. |
en_US |