Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Investigasi Kelompok
Terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP
Muhammadiyah 57 Tahun Pembelajaran 2021 /2022. Populasi penelitian ini
adalah seluruh kelas VIII Yang berdiri dari Kelas VIII-1 dan VIII-2 yang
berjumlah 70 Siswa. Sampel penelitian ini adalah Kelas VIII-1 yang ditetapkan
sebagai eksperimen dengan jumlah siswa 35 orang dan kelas VIII-2 ditetapkan
dengan jumlah siswa 35 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
eksperimen. Instrument penelitian ini adalah tes esai. Hasil dari penelitian ini
diperoleh jumlah nilai rata-rata sebesar 83.42 dengan menggunakan menulis teks
berita menggunakan model pembelajaran Group Investigation pada kelas
eksperimen dengan rincian siswa memperoleh nilai 76-83 dikategorikan baik
sebanyak kelas kontrol diperoleh hasil posttest dengan skor tertinggi 80, skor
terendah 65, rata-rata sebesar 70.057, standar deviasi sebesar 3.125 dan varians
sebesar 9.768 oleh siswa kelas VIII SMP Muhammaddiyah 57 Tahun
Pembelajaran 2021/2022. nilai t tabel dengan mengacu pada rumus (α/2) ; (df)
sama dengan (0.05/2) ; (68) maka dapat dilihat pada lampiran mengenai tabel t
dengan cara pengambilan t tabel 0.025 ; 68. Maka dapat diketahui nilai t tabel
sebesar 1.99547. Dimana t hitung 9,68556 > t tabel 1.99547 maka Ho ditolak Ha
diterima yang berarti ada pengaruh model investigasi kelompok terhadap
keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 57 tahun
pembelajaran 2021/2022.