Abstract:
Modul adalah bahan ajar yang disusun secara sistematis dengan Bahasa yang
mudah dipahami sehingga siswa dapat belajar secara mandiri dengan bantuan atau
bimbingan minimal dari pendidik. Agar siswa tidak bosan mempelajari modul
konvensional berupa buku, maka perlu dilakukan perubahan dengan menggunakan
media elektronik yang sering disebut modul elektronik (E-Modul). Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana e-modul berbantuan QR Code
meningkatkan literasi matematika untuk siswa SMP kelas VII pada materi bilangan
bulat serta untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa.. Quick Response Code
(QR Code) merupakan sebuah gambar yang berisi data atau informasi berupa teks
yang dikodekan dalam dua dimensi (horizontal dan vertical) sehingga dapat dibaca
oleh mesin lebih cepat dibandingkan dengan cara manual serta mampu menyimpan
banyak informasi. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D atau 4-
P yang dimodifikasi menjadi tiga tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap
perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Subjek penelitian ini
adalah siswa SMP Budi Agung Medan kelas VII dengan menggunakan skala kecil
sebanyak 10 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket yang
terdiri dari angket penilaian ahli materi, angket penilaian ahli media, dan angket
respon siswa. E-Modul matematika berbantuan QR Code pada materi bilangan bulat
untuk meningkatkan literasi matematika yang dikembangkan memenuhi kriteria
sangat layak digunakan untuk siswa MTs kelas VII. Kelayakan terlihat dari hasil
penilaian validator, dimana dari hasil penilaian ahli materi diperoleh nilai 88,6%
dengan kategori sangat layak, dari ahli media diperoleh nilai 80,6% dengan kategori
sangat layak, dan angket respon siswa diperoleh nilai 93,6% dengan kategori sangat
menarik.