Abstract:
Media Pembelajaran merupakan segala sesuatu yang digunakan untuk dapat
menyalurkan pesan serta dapat merangsang pemikiran, perhatian, perasaan dan juga
kemauan untuk belajar, untuk dapat mendorong terjadinya proses pembelajaran.
Penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi
dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
media pembelajaran interaktif digital matematika berbasis etnomatematika untuk
siswa SMP kelas VIII pada materi bangun ruang serta untuk mengetahui kelayakan
dan respon siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D atau 4-
P yang dimodifikasi menjadi tiga tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap
perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Subjek penelitian ini
adalah siswa SMP Swasta Budi Agung Medan kelas VIII dengan menggunakan
skala kecil sebanyak 10 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah
angket yang terdiri dari angket penilaian ahli materi, angket penilaian ahli media,
dan angket respon siswa. Media pembelajaran interaktif digital matematika berbasis
etnomatematika pada materi bangun ruang yang dikembangkan memenuhi kriteria
sangat layak digunakan untuk siswa SMP kelas VIII. Kelayakan media interaktif
dilihat berdasarkan hasil validasi ahli dan hasil validasi mencapai kriteria sangat
layak dengan skor rata-rata oleh ahli materi 4,41 dan ahli media 4,25. Sedangkan
menurut respon siswa memiliki perolehan skor rata-rata 4,29 dengan kriteria
penilaian media interaktif sangat menarik.